Kuliah Tamu

   

Program Magister Profesi atau biasa disingkat Mapro Psikologi UMM baru saja menyelesaikan salah satu kegiatan besarnya, yakni Kuliah Tamu oleh Dosen berkebangsaan India bernama Rtn. MPHF. Ayyapparaj M. Kegiatan ini sendiri berlangsung pada hari Sabtu (9/12/19) dari pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang di Aula Lantai 4 GKB IV.

 “Alhamdulilah kegiatan ini berjalan lancar, dengan dihadiri sejumlah 70an mahasiswa Mapro dari angkatan 2017 hingga 2019. Kegiatan ini sangat bermanfaat tentunya dan saya yakin mahasiswa kami akan lebih termotivasi dengan segudang pengalaman yang telah dibagikan oleh Mr. Ayyapparaz. Doakan saja,” ungkap Dr. Cahyaning Suryaningrum, M.Si., selaku Ketua Prodi Mapro Psikologi 2019.

Lebih lanjut Dr. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. menjelaskan mengenai tema yang diangkat untuk Kuliah Tamu tersebut, “Treatment Models of Individuals with Special Needs in India”. Harapannya mahasiswa Mapro Psikologi UMM dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai istilah-istilah klinis serta kasus-kasus individu berkebutuhan khusus di India, untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi ketika praktik di Indonesia.

Dalam materinya, Mr. Ayyapparaj menyampaikan bahwa 2,2% dari total penduduk di India merupakan individu berkebutuhan khusus dan mayoritas diantaranya tidak mampu bekerja seperti individu normal. “Penting untuk menangani individu berkebutuhan khusus dari semua aspek hasil diagnosis, bukan hanya satu atau dua aspek saja. Ini menentukan keberhasilan penanganan yang Anda lakukan,” ucap Rtn. MPHF. Ayyapparaj M. di awal-awal pemaparannya.

Seusai penyampaian materi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Antusiasme yang tinggi terlihat ketika sesi ini, dimana selain bertanya peserta juga memberikan feedback atas jawaban pemateri. Sebagai penutup kegiatan, moderator Kuliah Tamu yakni Kokoh Dwi Putera mengatakan, “Individu berkebutuhan khusus tidak butuh dikasihani saja, melainkan juga butuh dimengerti.”

Penulis:

Kokoh Dwi Putera

 

 

Shared: