Pelatihan Mengolah Laporan Kasus Menjadi Artikel Publikasi

Senin, 06 Januari 2020 13:08 WIB

 

Program Magister Psikologi Profesi Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan pelatihan tentang mengolah laporan kasus menjadi artikel publikasi oleh Dr. Tjipto Susana, M.Si. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Kapal Garden Sengkaling UMM pada tanggal 6 Januari 2020. Peserta pelatihan adalah pembimbing dan supervisor Praktek Kerja Profesi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang selain itu terdapat beberapa Mahasiwa.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan tentang tips dan triks bagaimana mengolah laporan kasus menadi artikel publikasi. “Mulai tahun 2019 mahasiwa Psikologi Profesi wajib mengupload laporan prakteknya ke jurnal nasional maupun internasional”, ungkap Dr. Cahyaning Suryaningrum, M.Si., selaku Ketua Prodi Mapro Psikologi UMM.

Diawal kegiatan pemateri memberikan wawasan tentang pentingnya menulis artikel ilmiah yang layak untuk publikasi. “Syarat utama membuat artikel publikasi tidak harus pintar menulis tetapi harus memiliki konsep yang baik, metode penelitian yang sesuai, dan kuat akan kajian literaturnya”, terang Tjipto. Selain itu penulis yang baik harus bisa membedakan opini dengan argumentasi, jika opini sifatnya subjektif sedangkan argumentasi memiliki dasar yang kuat yaitu kajian kajian ilmiah yang mendasarinya, Imbuh alumnus UGM. Dalam hal lain peserta langsung diajak untuk praktek bagaimana membuat publikasi yang baik dan benar.

Shared: