Kuliah Tamu: Sharing Pengalaman Alumni

Sabtu, 23 Desember 2023 12:42 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Telah terlaksana kuliah tamu yang diselenggarkan prodi Magister Psikologi Profesi Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 23 Desember 2023. Kuliah tamu menghadirkan Alumni Magister Psikologi Profesi Angkatan 2017 oleh Inastasya, M. Psi., Psikolog dan Alumni Angkatan 2019 oleh M Ridhoddin Akbar, M. Psi., Psikolog. Tema pada kuliah tami ini adalah Sharing Pengalaman Alumni.

Peserta kuliah tamu adalah mahasiswa Magister Psikologi Profesi Angkatan 2021 yang saat ini sedang menjalankan Ujian seminar hasil Tesis dan Ujian akhir Tesis. Mahaiswa Mapro Angkatan 2022 yang saat ini tengah mengerjakan tesis dan Praktik Kerja Profesi Psikologi (PKPP). Selama sesi kuliah tamu berlangsung dipandu oleh moderator sekaligus Alumni Mapro 2017 Roselina Dwi Hormansyah, M. Psi., PSikolog.

Acara dimulai oleh moderator dengan pembukaan dan dilanjutkan sambutan oleh Kaprodi Magister Psikologi Profesi Universitas Muhammadiyah Malang Dr. Cahyaning Suryaningrum, M. Si., Psikolog. Kaprodi memberikan arahan kepada mahasiswa terkait dengan potensi pekerjaan yang bisa didapatkan kedepannya di era saat ini serta untuk menjaga semangat belajar bagi para mahasiswa.

Disampaikan oleh moderator dalam pembacaan CV pemateri yang memiliki banyak pengalaman di dunia Psikologi Klinis sebagai praktisi Psikolog. Sesi pertama diberikan kepada Inastasya yang menyampaikan pengalaman pekerjaannya di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Inastasya menyampaikan di kementrian tergabung pada Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 yang merupakan layanan contact center jhusus perempuan dan anak. Layanan ini diluncurkan kementrian PPPA pada tahun 2021.

Lanjut Inastasya menyampaikan layanan yang dilakukan berupa menerima aduan masyarakat, Penjangkauan korban, pengelolaa kasus, penampungan sementara korban, mediasi korban dan pelaku dan pendampingan psikologis pada korban. Lebih spesifik disampaikan bahwa layanan juga melibatkan koordinasi lintas profesi baik kepolisian, hukum, dokter dan profesi lainnya. Tidak terlewatkan tugas pembuatan Analisa psikologi dan laporan psikologi.

Lebih jauh Inastasya menyampaikan bahwa kompetensi seorang psikolog yang harus dimiliki pada lingkungan Kemen PPPA adalah Knowlwdge, Skill dan Atitude. Tanpa ketiadaan dari ketiga hal tersebut pekerjaan tidak dapat terlakasana dengan baik, sehingga wajib hukumnya sebagai seorang psikolog dalam menjalankan tugasnya dalam berprofesi.

Sesi kedua disampaikan oleh Rdhoddin atau sering disapa Dod, terkiat dengan pengalaman pekerjaan sebagai Psikolog Klinis di KlinikP ratama Badan Narkotika Nasional Kab. Blitar. Ridhoddin menyampaikan ranah kerja BNN Kab. Blitar adalah Bidang umum, Bidang rehabilitasi, Bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat dan Bidang pemberantasan. Lebih spesifik ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah Rehabilitasi yang kaitannya dengan asesmen psikologis, rehabilitasi, pasca rehabiilitasi, IBM, SIL.

Selanjutnya adalah sebagai Tim Asesmen Terpadu (TAT) asesmen psikologis dan rekomendasi hukum, pelaksanaan rekrutmen penerimaan kepegawaian bidang umum dan pemeriksaan psikologis berupa asesmen, konseling/terapi dan rekomendasi psikiater. Ridhoddin menyampaikan adanya program terbaru yakni pasca rehabilitasi yang saat ini dijalankan dengan Upaya untuk membuat korban bisa pulih dari kondisi saat ini. Berbagai instrument digunakan untuk melakukan Upaya pemaksimalan dalam lingkup pasca rehabilitasi.

Banyak hal yang dapat digarisbawahi dalam sesi kuliah tamu ini, seperti persiapan dalam pekerjaan sebagai psikolog klinis dapat disiapkan sejak saat ini sebagai mahasiswa dengan terus melatih kemapuan dan memperbanyak relasi dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi profesi atau lainnya. Tentunya mahasiswa sangat kooperatif dalam mengajukan pertanyaan dan berbgai pengalaman kepada pemateri terkait dengan pengalamannya saat PKPP dan perkuliahan. Kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu terakhir untuk Program Studi Magister Psikologi Profesi Univeristas Muhamamdiyah Malang sebelum ditutup setelah kedua Angkatan lulus dan akan dilanjutkan Program Profesi Psikolog di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2024.

 

Shared: