STUDIUM GENERALE "Aplikasi Psikologi Positif dalam Studi"

Senin, 01 Agustus 2022 00:00 WIB

STUDIUM GENERALE “Aplikasi Psikologi Positif dalam Studi”

Agenda Studium Generale yang dilaksanakan oleh prodi Magister Psikologi Profesi pada tanggal 1 Agustus 2022. Kegiatan ini diisi oleh Dr. Diah Karmiyati, M. Si., Psikolog Wadir I  Program Pascasarjana UMM dan dimoderatori oleh kaprodi Magister Psikologi Profesi Dr. Cahyaning Suryaningrum, M. Si., Psikolog. Peserta adalah mahasiswa baru Magister Psikologi Profesi tahun ajaran 2022/2023.

Psikologi positif hadir dalam membentuk kesejahteraan individu dengan sebuah konsep yang dikenal dengan PERMA, yakni positive emotion, engagement, relationship, meaning dan accomplishment.

Positive emotion terkait dengan sejauh mana orang dapat melihat hal yang jauh dari hal yang mengganggu. Bisa melihat dengan baik di masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang. Pada masa lalu dapat menyadari dan menerima semua pengalaman buruk yang telah dilalui dan dapat menyikapinya secara positif. Untuk masa mendatang juga harus diiringi dengan emosi positif untuk mengarahkan pada hope.

Engagement dengan upaya yang optimal terhadap hal yang dilakukan untuk mengarahkan ke hope, sehingga mempunyai daya dukung eksternal dan internal. Dalam akademik potensial tinggal dikembangkan dengan mengikuti proses pembelajaran di UMM dengan sungguh-sungguh sehingga dapat meningkatkan engagement.

Relationship menjadikan lingkungan akademik sebuah keluarga dan tidak ada kompetitor yang tidak sehat. Keeratan emosional penting untuk dibangun dan akan menjadi bagus saat menjalani proses pembelajaran melalui tugas dan praktik. Selain pembelajaran juga menjaga hubungan baik dengan dosen, mahasiswa dan kampus.

Meaning terhadap segala sesuatu itu bermakna, tidak hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga untuk orang lain. Ada harapan tertentu juka kuliah dengan sungguh-sungguh akan membuat bangga orang tua dan orang lain, sehingga usaha dapat bermakna bagi semua orang. Dalam meaning religius menuntuut ilmu adalah kewajiban.

Accomplishment berkaitan dengan tujuan-tujuan yang akan dicapai. Dalam konteks akademik maka pencapaiannya adalah mencuptakan studi yang sukses sesuai dengan target.

Psikologi positif sangat kental dengan based on our strength, melihat kekuatan yang dimiliki dibandingkan dengan kelemahan pada diri idividu. Kekuatan yang ada dalam diri individu atau PERMA dapat ditingkatkan, begitulah psikolog berperan untuk mengeksplorasi kekuatan yang dimiliki individu.

Psikologi positif dalam perguruan tinggi mempunyai tiga fungsi utama, yakni intelektual, emosi dan sosial. Penerapan psikologi positif dalam studi dapat menjadikan individu sukses dengan catatan bahwa time management yang baik dan mempunyai skala prioritas, rasa optimis yang didukung time management dan dapat memahami serta menerima kekuatan atau potensi dalam diri.

Dalam studi juga ditemukan keuntungan penerapan psikologi positif antara lain adalah akan menjadi sangat maksimal dalam pembelajaran, meningkatkan individual strength, mempererat hubungan kampus dan mahasiswa.

Tanggal : 01 Agustus 2022

Shared: