Mahasiswa Magister Psikologi Profesi UMM Goes To Thailand

Senin, 17 Juni 2019 15:09 WIB

ASEAN Conference on Psychology, Counseling, and Humanity (AC-PCH) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerjasama dengan Tapee University Thailand, dan University Sains Malaysia (USM).

Tahun ini, merupakan tahun keempat diselenggarakannya agenda yang sebelumnya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkesempatan menjadi tuan rumah di Indonesia. Tentunya tahun keempat ini tidak kalah serunya dan pastinya sangat berbeda dikarenakan agenda ini berkesempatan diadakan di Thailand dimana Tapee University sebagai tuan rumahnya.

ASEAN Conference on Psychology, Counseling, and Humanity (AC-PCH) diselenggarakan pada tanggal 9-10 November 2018 dimana tema yang diusung cukup universal “Enhancing Awareness to Optimize the Quality of Life”, sehingga para praktisi klinis dan sosial maupun akademisi dapat mengikuti konferensi ini.

Dari Indonesia sendiri sebagian besar peserta konferensi merupakan mahasiswa Magister Psikologi Sains dan Magister Psikologi Profesi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan beberapa diantaranya yang lain merupakan dosen-dosen dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan beberapa rekan dari universitas lain di Indonesia seperti Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Airlangga (UNAIR).

Selain temanya yang universal dapat mencakup berbagai kalangan dan beberapa bidang konsentrasi, proceedings ACPCH juga menawarkan publikasi jurnal melalui Atlantis Press, dan beberapa diantara jurnal yang terpilih akan diterbitkan pada special edition yang terindeks Scopus/Thompson selain itu kita dibebaskan menggunakan bahasa dalam presentasi yakni dalam bahasa Inggris, bahasa Thai, bahasa Indonesia, dan bahasa Melayu.

Hari pertama dalam rangkaian agenda konferensi dibuka oleh keynote speakers, Assoc. Prof. Mohamad Hashim Othman, Ph.D.(USM Penang), Wahyudi Winaryo, Ph.D.(University of Muhammadiyah Malang, Indonesia), Assist. Prof. Adilla Pongyeela, Ph.D (Tapee University Surat Thani, Thailand), dan Assist. Prof. H. Ismail Katek, Ph.D (PSU Prince Songklah University, Pattani Thailand).

Kemudian acara dilanjutkan diskusi panel yang terbagi dibeberapa ruangan yang telah disediakan. Di dalamnya peserta mempresentasikan temuannya dan diskusi tanya jawab dengan peserta lain terkait penelitian yang telah dilakukan.

Malam harinya adalah ramah tamah dari tuan rumah, Tapee University menyuguhkan berbagai macam masakan khas Thai dan beberapa masakan melayu, selain itu ada tarian Thai dengan kostum khasnya menghibur peserta yang menambah meriahnya rangkaian acara. Hari berikutnya merupakain rangkaian penutup acara yakni karyawisata berkeliling Surat Thani, Thailand dimana penduduk wilyah Thailand bagian Selatan ini adalah muslim.

Kami diajak berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan bangunan-bangunan yang indah, selain itu yang tidak kalah menariknya adalah mencicipi jajanan food street ala Thai seperti beberapa cemilan serangga, buah-buahan yang segar dan tentunya Thai-tea asli dari Thailand.

Shared: