PENGALAMAN MENARIK MAHASISWA MAPRO PSIKOLOGI UMM

Senin, 17 Juni 2019 13:24 WIB


Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang Saat Ujian Praktek kerja di RSJ Menur

Siapa sih yang tidak tertarik memiliki pengalaman yang menegangkan, sekaligus penuh dengan pelajaran yang bisa diambil? Beruntungnya, pengalaman itu telah dimiliki oleh mahasiswa Magister Profesi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang atau biasa disebut mahasiswa Mapro UMM.

Mahasiswa Mapro UMM mendapatkan kesempatan yang sangat menarik untuk praktik kerja di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya selama 1,5 bulan pada 3 September 2018 sampai 10 Oktober 2018. Melalui kesempatan tersebut mahasiswa Mapro UMM memanfaatkannya dengan berinteraksi langsung dan menyerap banyak ilmu dari psikolog, psikiater, perawat, seluruh pegawai di RSJ Menur, dan pastinya dari pasien-pasien gangguan jiwa yang dirawat di sana.

Kegiatan Praktik Kerja Profesi Psikologi atau PKPP yang dilakukan mahasiswa Mapro UMM pada dasarnya dilakukan untuk mendalami ilmu terkait gangguan psikotik yang dialami individu dewasa. Mahasiswa Mapro UMM melakukan asesmen berupa wawancara, observasi, dan melakukan rangkaian tes psikologi untuk memperkuat diagnosis.

Selain itu yang tidak kalah penting, mahasiswa Mapro UMM juga berkesempatan untuk membantu mengatasi masalah yang dialami pasien dengan melakukan intervensi. Sehingga, keberadaan mahasiswa Mapro UMM diharapkan dapat membantu pemulihan beberapa pasien di RSJ Menur ini.

Selain melakukan pendalaman ilmu di bidang psikologi, mahasiswa Mapro UMM juga banyak mendapatkan ilmu di bidang kedokteran jiwa, serta farmakoterapi yang diterapkan pada pasien. Hal menarik tersebut tentu saja membuat mahasiswa Mapro UMM menjadi lebih kaya ilmu dan pengalamannya.

Tidak hanya itu, mahasiwa Mapro UMM juga mendapatkan banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari pasien-pasien gangguan jiwa di sana. Mulai dari kehidupan keluarga, persahabatan, dan banyak tentang percintaan yang sering diceritakan pasien pada mahasiswa Mapro UMM. Bagaimana, pembaca sudah ikut tertarik?.

Kegiatan menarik ini juga diakhiri dengan presentasi pemaparan kasus yang telah didapatkan mahasiswa Mapro UMM selama praktik di RSJ Menur. Pemaparan kasus tersebut tentu saja membuat mahasiswa Mapro UMM semakin kaya lagi ilmunya, karena feedback yang didapat tidak hanya dari sisi psikologi, namun juga dari kedokteran jiwa.

Pengalaman dan kegiatan yang sangat menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Terlebih ketika mengingat kegiatan mahasiswa lain yang selama ini kebanyakan hanya berfokus pada pembelajaran di kampus, menghadapi buku, laptop, dan semacamnya. Mahasiswa Mapro UMM justru mendapatkan tambahan pembelajaran langsung dan menarik di RSJ Menur Surabaya ini.

 

Author: Dian Putriana (Mahasiswa Magister Profesi Psikologi UMM 2017)

Shared: